Training Perencanaan Keuangan
Training perencanaan keuangan | Ketika saya menjadi karyawan beberapa puluh tahun yang lalu, saya pernah mengalami masalah keuangan yaitu jeratan utang, setiap hari saya selalu dikejar-kejar debt collector. Akibatnya adalah saya tidak bisa bekerja dengan baik di kantor, produktifitas saya menurun dan emosi saya menjadi tidak stabil.
Pengalaman ini ternyata tidak hanya terjadi pada saya tetapi juga terjadi di banyak karyawan lainnya dengan berbagai macam masalah keuangan, beruntung bagi saya pada saat itu dibantu secara finansial dari atasan untuk menyelesaikan utang-utang saya.
Akhirnya management perusahaan membuat sebuah komitmen untuk membangun quality of life para karyawannya. Perusahaan saya pada saat itu yakin quality of life karyawannya berhubungan langsung dengan tingkat produktifitas mereka di perusahaan.
Maka perusahaan mulai memberikan edukasi antara lain terkait training perencanaan keuangan, setiap tahun kami para karyawan dibekali dengan training maupun seminar perencanaan keuangan. Beragam topik diberikan mulai dari bagaimana mengelola gaji, utang, dana darurat hingga investasi yang sehat.

Masalah Keuangan Pada Karyawan & Perusahaan
Meskipun masalah keuangan itu umumnya terjadinya di rumah, tetapi terlihat dan berdampak langsung kepada perusahaan. Karyawan yang bermasalah secara keuangan cenderung menurun produktifitas kerjanya, karyawan menjadi sering tidak masuk kerja, kurang fokus, emosi yang tidak stabil.
Bahkan dalam kondisi yang lebih buruk hubungan suami istri juga berdampak pada pertengkaran dan perceraian, hal ini tentunya akan semakin menurunkan lagi produktifitas mereka. Padahal bisa jadi mereka ini sebelumnya termasuk karyawan yang kompeten dan berprestasi baik di bidang kerjanya.
Semua masalah ini terjadi umumnya berawal dari 1 hal yaitu kurangnya kecerdasan finansial sehingga mereka tidak mempunyai mentalitas, pengetahuan dan ketrampilan yang baik bagaimana cara mengelola keuangan dengan baik dan sehat. Kondisi ini bisa menjadi wajar karena di Indonesia memang tidak diajarkan secara formal di dalam kurikulum sekolah bagaimana cara mengelola keuangan pribadi yang baik.
Masalah keuangan pada karyawan yang sering terjadi antara lain :

Manfaat Training Perencanaan Keuangan untuk Karyawan & Perusahaan
Beruntung saat ini banyak perusahaan yang mulai memberikan pembekalan kepada karyawan bagaimana cara mengelola keuangan yang baik dan benar, bahkan ada beberapa perusahaan yang memberikan materi keuangan pada saat orientasi karyawan baru di perusahaan dan membekali karyawan secara rutin setiap tahun dengan topik-topik keuangan yang berbeda-beda.
Lalu ada perusahaan yang juga membekali karyawannya yang akan memasuki masa pensiun di 5 bahkan 10 tahun menjelang usia pensiun mereka, sehingga karyawan tersebut dapat mempersiapkan dana pensiun dengan lebih optimal lagi.
Manfaat training perencanaan keuangan bagi karyawan maupun perusahaan antara lain:

Materi Training Perencanaan Keuangan Untuk Karyawan
Materi training sangat beragam dan tentunya dapat disesuaikan dengan situasi karyawan dan kebutuhan perusahaan. Training yang ideal tidaklah hanya 1 kali tetapi perlu dibuatkan secara rutin tahunan dengan topik yang berbeda-beda. Durasi training juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan, tetapi umumnya untuk training yang dilakukan berulang setiap tahun dengan topik-topik yang berbeda sekitar 2 sampai dengan 3 jam.
Berikut ini adalah materi training yang dapat menjadi alternatif yang dapat diberikan untuk karyawan di perusahaan:
Media Training Perenanaan Keuangan
Sebagai trainer motivasi dan perencanaan keuangan, Andreas Hartono, CFP dan team telah memberikan pelatihan perencanaan keuangan di lebih dari 500 kelas dengan ribuan peserta alumni training. Kami menyediakan 3 alternatif belajar perencanaan keuangan untuk karyawan, yaitu:
Hubungi Kami
Untuk Anda yang akan menghadirkan kami di perusahaan ataupun institusi sosial silakan dapat menghubungi Andreas Hartono, CFP melalui nomor kontak WA di bawah ini: